Hj. Syarifah, Masneni (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 10 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Hj. Syarifah Masneni..docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Hj. Syarifah Masneni. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 10 Makassar. (Dibimbing oleh H. Achmad Tolla dan Muhammad Ramly). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 10 Makassar dan (2) hasil penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa, serta hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 10 Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi dan pemberian tugas menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model picture and picture. Data proses dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menerapkan model picture and picture mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas yang dilakukan masih kurang maksimal, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menerapkan model picture and picture juga telah mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas yang dilakukan siswa masih dalam kategori kurang aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan aktivitas siswa dapat dibuktikan dengan munculnya indikator-indikator, diantaranya, yaitu siswa aktif mengecek kesiapan dan mempersiapkan perlengkapan pembelajaran, dan (3) hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan. Adapun data yang diperoleh pada siklus I rata-rata 71,24 dengan kategori cukup, dan pada siklus II perolehan skor rata-rata meningkat menjadi 79,73 dengan kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil menulis karangan deskripsi dengan menerapkan model picture and picture pada siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 10 Makassar dapat dikatakan tuntas karena telah memenuhi standar KKM yang telah ditetapkan. Kata Kunci : Peningkatan, menulis deskripsi, dan model picture and picture.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 00:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
View Item |