Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali

Syah, Ahmad (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL ahmad.docx

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Possing Terhadap Kreativitas Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan ”one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 68 siswa.Penelitian melibatkan satu kelas eksperimen, yakni kelas VIII B yang terdiri dari 24 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kelas ekperimen diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran Berbasis Masalah. Instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas matematika siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis One sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kreativitas matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problemposing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Polewali berada pada kategori tidak kreatif sebannyak 23 siswa dan pada kategori kurang kreatif sebanyak 1 siswa. (2) Kreativitas matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problemposing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Polewali berada pada kategori sangat kreatif sebannyak 1 siswa, pada kategori kreatif sebanyak 5 siswa, pada kategori cukup kreatif sebanyak 17 siswa dan pada kategori kurang kreatif sebanyak 1 siswa.(3) Deskripsi aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problemposing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Polewali secara keseluruhan berada pada kategori aktif. (4) Model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problemposing berpengaruh positif pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 dengan nilai gain dan berada pada kategori sedang. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Possing, KreativitasMatematika Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 May 2018 02:15
Last Modified: 04 May 2018 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item