Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Discovery Setting Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Sains

Melati L, Ayu (2015) Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Discovery Setting Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Sains. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MELATI.docx

Download (27kB)

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk memperoleh profil perangkat pembelajaran yang mendukung penggunaan model pembelajaran model discovery setting kooperatif tipe jigsaw yaitu perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan model discovery setting kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan sedangkan rancangan pengembangannya menggunakan model 4-D. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 di SMAN 3 Takalar tahun pelajaran 2014-2015. pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui lembar observasi dan tes keterampilan proses sains, kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) semua komponen perangkat pembelajaran (RPP, BS, LKS), lembar observasi dan tes keterampilan proses sains siswa memenuhi kriteria kevalidan, (2) hasil ketercapaian keberhasilan keterampilan proses sains siswa lebih besar secara signifikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery setting kooperatif tipe jigsaw, (3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran fisika melalui pendekatan discovery berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh bahwa terdapat 80,38% siswa yang memberi respon sangat positif pada buku siswa, 80,37% siswa yang memberi respon sangat positif terhadap LKS, 76,35% siswa yang memberi respon positif terhadap proses pembelajaran. Dengan demikian, setelah dilakukan validasi ahli dan uji coba, maka perangkat pembelajaran dan instrument ini dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery settting kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA 3 di SMAN 3 Takalar tahun pelajaran 2014-2015. Namun demikian disarankan agar dilaksanakan penelitian lebih lanjut dan model pembelajaran discovery settting kooperatif tipe jigsaw ini dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 05:04
Last Modified: 02 May 2018 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8348

Actions (login required)

View Item View Item