PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MONTESSORI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

IDHAM, SITTI MAHIRA (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MONTESSORI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
RINGKASAN MAHIRA.docx

Download (529kB)

Kemandirian anak usia dini di Pendidikan Anak Usia Dini Kartika Tatag Cendekia Kota Parepare dalam hal memakai, mengancing dan melipat pakaian masuk dalam kategori rendah. Salah satu cara yang digunakan untuk melatih kemandirian anak usia dini adalah dengan pendidikan formal di sekolah dengan pendekatan pembelajaran Montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 murid Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain Kartika Tatag Cendekia Parepare. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive samplingdengan jumlah responden sebanyak 11 murid. Kemandirian anak usia dini dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala kemandirian anak usia dini yang disusun oleh peneliti. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23. Hasil analisis data menunjukkan siginifikansi ρ = 0,03 maka 0,03< 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia dini. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia dini. Kata kunci :Kemandirian,Kemandirian Anak Usia Dini, Pendekatan Montessori.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 01:43
Last Modified: 02 May 2018 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item