Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Trade a Problem dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.

Ariyanti, Retni Lisa (2017) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Trade a Problem dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan metode Trade a Problem pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dengan mengacu pada tiga kriteria keefektifan, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan respons siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar pada semester genap 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas dan dipilih 1 kelas secara cluster random sampling sebagai kelas sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif dengan metode Trade a Problem sebesar 3,61 berada dalam kategori terlaksana dengan baik, (2) rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) 26,0385 dengan standar deviasi 9,111913 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) 79,5 dengan standar deviasi 6,88331 berada pada kategori tinggi, (3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 85% (22 siswa) mencapai ketuntasan individu, (4) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,725 yang berada pada kategori tinggi, (5) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 88% berada pada ketegori baik, (6) rata-rata persentase siswa yang memberi respons positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif dengan metode Trade a Problem sebesar 93%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif dengan metode Trade a Problem lebih besar dari 74,9 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,29 (kategori sedang), (3) proporsi siswa yang mencapai KKM 75 lebih dari 69,9%. Dari hasil penelitian ini dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif dengan metode Trade a Problem efektif digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:20
Last Modified: 30 Apr 2018 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8244

Actions (login required)

View Item View Item