Hubungan Gaya Belajar, Fasilitas Belajar di Sekolah, dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Amrullah, Fitriani (2016) Hubungan Gaya Belajar, Fasilitas Belajar di Sekolah, dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (169kB)

ABSTRAK Hasil belajar Biologi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu gaya belajar dan sikap siswa, sedangkan faktor eksternal yaitu fasilitas belajar Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa, (ii) Untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar siswa, (iii) Untuk mengetahui sikap belajar siswa dengan hasil belajar, (iv) Untuk mengetahui hubungan gaya belajar, fasilitas belajar dan sikap belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 214 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive-proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Angket gaya belajar siswa, (2) Angket fasilitas belajar, (3) Angket sikap belajar dan hasil belajar Biologi diperoleh dari dokumentasi nilai hasil ulangan semester ganjil sebelum remedial. Data analisis dari statistika deskriptif dan analisis regresi menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,669 (2) Terdapat hubungan yang positif antara fasilitas belajar dengan hasil belajar Biologi dengan nilai korelasi sebesar 0,558, (3) Terdapat hubungan yang positif antara sikap belajar dengan hasil belajar Biologi dengan korelasi sebesar 0,534, (4) Terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar, fasilitas belajar di sekolah, dan sikap belajar siswa dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pinrang

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 00:51
Last Modified: 30 Apr 2018 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8166

Actions (login required)

View Item View Item