SULTAN, SULTAN (2014) Pengaruh Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Arawa Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2014. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL Sultan.docx Download (80kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan keterampilan berbicara dan untuk menguji pengaruh alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu yang mengambil lokasi SDN 1 Arawa Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 46 siswa yang terdiri 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Sampling Purposive pada siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peristiwa alih kode dan campur kode dalam pembelajaran di SDN 1 Arawa yang dilakukan oleh guru berupa bentuk penjelasan, penegasan, informasi, dan pertanyaan yang berwujud kata, prasa, klausa atau pun kalimat, sedangkan tuturan siswa hanya pada saat pembelajaran berlangsung dalam bentuk pertanyaan dan jawaban singkat atas pertanyan guru. Selanjutnya, penggunaan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 03:07 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 03:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8108 |
Actions (login required)
View Item |