Keefektifan Penggunaan Media Video dan Media Lingkungan dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 21 Makassar

LESTARI, HARDIYANTI (2016) Keefektifan Penggunaan Media Video dan Media Lingkungan dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 21 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
HARDIYANTI LESTARI.docx

Download (31kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan penggunaan media video dan media lingkungan dalam menulis teks prosedur kompleks pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah keseluruhan peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar yang berjumlah 428 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purporsive sampling. Sampel yang terpilih, yaitu kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.10 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah tes hasil menulis teks prosedur kompleks. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media video efektif digunakan dalam menulis teks prosedur kompleks. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya peserta didik yang mampu menulis teks prosedur kompleks, yaitu sebanyak 90%; (2) media lingkungan efektif digunakan dalam menulis teks prosedur kompleks. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya peserta didik yang mampu menulis teks prosedur kompleks, yaitu sebanyak 83,3%; dan (3) ada perbedaan yang signifikan antara keefektifan penggunaan media video dengan media lingkungan dalam menulis teks prosedur kompleks pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis uji t jenis Independent Samples Test yang menunjukkan thitung ≥ ttabel yaitu 2.180 ≥ 2.001. Ini berarti secara signifikan H0 ditolak dan H1 diterima sehingga ada perbedaan keefektifan penggunaan media video dan media lingkungan dalam menulis teks prosedur kompleks pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, media video lebih efektif digunakan dalam menulis teks prosedur kompleks dibandingkan dengan media lingkungan. Peserta didik yang mampu menulis teks prosedur kompleks setelah menggunakan media video yaitu sebanyak 90%, sedangkan peserta didik yang mampu menulis teks prosedur kompleks setelah menggunakan media lingkungan hanya 83,3%. Sesuai dengan hasil penelitian diajukan saran, yaitu (1) pembelajaran menulis khususnya teks prosedur kompleks sebaiknya dilaksanakan dengan berbagai variasi, satu di antaranya dengan menggunakan media video. Media video merupakan media yang efektif untuk digunakan dalam menulis teks prosedur kompleks. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan (2) peserta didik diharapkan lebih giat melakukan latihan menulis teks prosedur kompleks sehingga kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur kompleks semakin baik. Kata kunci: Keefektifan, Media Video, Media Lingkungan, Teks Prosedur Kompleks.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:32
Last Modified: 26 Apr 2018 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8100

Actions (login required)

View Item View Item