Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Pokok Koloid.

MEGAWATI R, MEGAWATI R (2016) Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Pokok Koloid. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pengembangan strategi pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok koloid dan memperoleh rumusan strategi pembelajaran berbasis proyek yang valid, efektif dan praktis pada materi koloid. Pengembangan strategi pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok koloid berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Strategi pembelajaran proyek yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid. Hasil analisis keterlaksanaan strategi pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 1,97 dan memenuhi kriteria praktis. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Anggeraja adalah 84,37%. Adapun respon peserta didik dan kemampuan pendidik mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi yaitu 3,89 telah memenuhi kriteria keefektifan. Demikian strategi pembelajaran berbasis proyek yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, efefktif, dan praktis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:42
Last Modified: 25 Apr 2018 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8075

Actions (login required)

View Item View Item