“Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika pada Siswa SMP Negeri 29 Makassar”

TUPA, CHRISTIAN (2015) “Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika pada Siswa SMP Negeri 29 Makassar”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS CHRISTIAN TUPA.doc

Download (279kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan desain penelitian pretest posttest control group design yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran metakognitif dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika (2) perbedaan pengaruh model pembelajaran metakognitif dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran metakognitif dengan model pembelajaran langsung terhadap komunikasi matematika pada siswa SMP Negeri 29 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Makassar yang terbagi dalam 6 kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII indeks 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII indeks 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, pedoman wawancara, tes hasil pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (manova satu jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap variabel-variabel kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika (4,414; p<0,05), (2) terdapat perbedaan pengaruh pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran metakognitif dan langsung (F = 7,161; p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan pengaruh komunikasi matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran metakognitif dan langsung (F = 7,769; p<0,05). Kata kunci: model pembelajaran metakognitif, kemampuan pemecahan masalah, dan komunikasi matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 00:51
Last Modified: 25 Apr 2018 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8022

Actions (login required)

View Item View Item