Komparasi Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik dalam Aspek Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkajene

RINI, RINI (2015) Komparasi Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik dalam Aspek Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkajene. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKELkoe.doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan atau mengkomparasikan dua model pembelajaran yaitu Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Discovey Learning (DL) dengan pendekatan saintifik dalam aspek hasil belajar yaitu kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkajene. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangkajene tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 420 orang dengan ukuran sampel untuk kelas yang menerapkan Model PBL dan Model DL masing-masing sebanyak 34 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes Hasil Belajar (THB) untuk kompetensi pengetahuan, (2) Penilaian Diri Sendiri (PDS), (3) Penilaian Teman Sebaya (PTS) , (4) Penilaian Guru (PG), (5) Lembar Observasi. Data dianalisis dengan statistika deskriftif untuk kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan serta statistika inferensial uji-t.untuk kompetensi pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dan tidak berbeda secara signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa kelas VIII. (2) Model Pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kompetensi sikap tanggung jawab, sikap toleransi dan sikap percaya diri siswa kelas VIII. (3) Model Pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kompetensi keterampilan siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:43
Last Modified: 24 Apr 2018 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item