Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Seni Rupa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai

WARIS, ABDUL (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Seni Rupa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

Belum tersedianya instrumen penilaian otentik yang terstruktur maka dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah instrumen penilaian otentik berbasis komputer yang valid, dan praktis. Subyek penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 32 orang kelas X dan pendidik sebanyak 1 orang, pada SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model 4-D Thiagarajan & Semmel (1974) dan diadaptasi menjadi 3-D yaitu tahapan pendefinisian, tahapan perancangan dan tahapan pengembangan. Instrumen penilaian otentik berbasis komputer telah dikembangkan dan telah divalidasi oleh 2 orang ahli yaitu 1 orang ahli materi pembelajaran dan 1 orang ahli media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli maka dilakukan revisi sehingga menghasilkan instrumen penelitian yang layak digunakan. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil sebanyak 7 orang peserta didik dan uji coba kelompok besar sebanyak 32 orang peserta didik. Data hasil penelitian dianalisa dengan metode deskriptif menunjukkan bahwa instrumen penilaian otentik berbasis komputer bersifat, valid, dan praktis. Dikatakan praktis karena telah memenuhi kriteria kepraktisan, yakni rancangan program pembelajaran (RPP) dan pengelolaan pembelajaran terlaksana dengan baik, aktivitas pendidik terhadap pembelajaran terlaksana dengan aktif, respon pendidik dan peserta didik terhadap aplikasi penilaian positif atau kategori baik, nilai proses dan hasil belajar peserta didik yang ikut pada uji coba kelompok kecil mengalami kenaikan pada uji coba kelompok besar begitu pula ketuntasan belajar peserta didik mencapai ketuntasan belajar klasikal diatas 75%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran dan penilaian khususnya pada peserta didik SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penelitian ini, disarankan bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini. Kata Kunci : Instrumen penilaian, penilaian otentik, penilaian berbasis komputer, pembelajaran seni rupa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:28
Last Modified: 24 Apr 2018 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7998

Actions (login required)

View Item View Item