Pengaruh Kemampuan Supervisional Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Makassar

ARSYAM, MUHAMMAD (2015) Pengaruh Kemampuan Supervisional Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Tulisan Artikel Arsyam.docx

Download (62kB)

ABSTRAK Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan supervisional kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMA Negeri di Kota Makassar yang berjumlah 158 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan Cluster Proporsional Random Sampling yang berjumlah 100 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas kemampuan supervisional kepala sekolah (X1) dan peranan komite sekolah (X2), sebagai variabel bebas (indevendent variable) serta kinerja guru (Y) sebagai varibel terikat (devendent variable). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Makassar, guru SMA Negeri 10 Makassar dan guru SMA Negeri 20 Makassar yang ketiganya berada di Kota Makassar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan supervisional kepala sekolah, peranan komite sekolah, dan kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Makassar kecenderungannya berada pada kategori baik; terdapat pengaruh positif yang signifikan kemampuan supervisional kepala sekolah dan peranan komite sekolah baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:32
Last Modified: 24 Apr 2018 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7982

Actions (login required)

View Item View Item