NURHAYATI, NURHAYATI (2014) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas VI di SD Negeri 1 Wette’e Kecamatan panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang”. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
Artikel Nurhayati.docx Download (73kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam pembelajaran menyimak siswa kelas VI SD Negeri 1 Wette’e Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Sumber data penelitian ini adalah aktifitas guru serta aktifitas dan hasil belajar siswa. instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yakni analisis kualitatif dan analisis kuantititif. Analisis kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran di kelas dan analisis kuantitatif digunakan terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat mengikuti kerangka perencanaan pembelajaran pada umumnya sementara pelaksanaan pembelajaran dengan strategi ini terbukti dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Selanjutnya, hasil yang diperoleh siswa setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD adalah pada siklus I belum tuntas, sehingga dipandang perlu dilaksanakan tindakan selanjutnya yakni siklus II. Selanjutnya pada siklus II keterampilan menyimak siswa meningkat secara signifikan yaitu sebanyak 20 siswa (100%) yang mampu mendapatkan nilai 70 ke atas. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menyimak siklus II tuntas karena 100% yang mendapat nilai 70 ke atas dan mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 75%. Jadi keterampilan menyimak siswa kelas VI SD Negeri 1 Wette’e, Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran ini untuk menemukan penyempurnaan yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 05:46 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 05:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7966 |
Actions (login required)
View Item |