Peningkatan Minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan Media Komik pada Peserta Didik Kelas VIII1 SMPN 26 Makassar

NAMRIJAH, SITTI (2016) Peningkatan Minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan Media Komik pada Peserta Didik Kelas VIII1 SMPN 26 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
SITTI NAMRIJAH.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Semakin kencangnya arus globalisasi yang berdampak pada dunia pendidikan menjadikan saling terhubung dan terkaitnya segala aspek kehidupan. Munculnya kurikulum 2013 merupakan salah satu dampak dari keinginan untuk membuat peserta didik manusia Indonesia yang tangguh, yang dapat bersaing dengan arus globalisasi dunia, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Dibidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan cakupan Fisika, Kimia, dan Biologi, dipadukan dalam satu kesatuan pada mata pelajaran IPA untuk tingkat SMP, dengan materi ajar yang disiapkan dalam bentuk buku teks pelajaran. Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik lebih senang menggambar dan melihat-lihat gambar yang tersedia pada buku teks mereka. Dari realitas tersebut penulis mencoba menerapkan materi ajar berupa komik yang berisi gambar-gambar dengan cerita yang tersusun secara apik dan berisikan materi yang sesuai dengan yang akan di pelajari. Hal tersebut mendorong penulis untuk meneliti (1) bagaimana penerapan media komik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dan (2) apakah penerapan media komik dapat meningkatkan seluruh indicator minat belajar IPA peserta didik kelas VIII1 SMPN 26 Makassar. Dengan tujuan penelitian adalah (1) untuk menganalisis penerapan media komik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, (2) Untuk menganalisis penerapan media komik dapat meningkatkan seluruh indikator minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan media komik diperoleh hasil pada siklus I, 4 % peserta didik berada dalam kategori sangat tinggi minat belajarnya, 83% peserta didik berada dalam kategori tinggi minat belajarnya, dan masih terdapat 13% peserta didik berada dalam kategori mempunyai minat belajar yang sedang. Pada siklus II diperoleh hasil 18 peserta didik yang sangat tinggi minat belajarnya, atau sekitar 78% dari keseluruhan peserta didik. Dan terdapat 5 peserta didik yang tinggi minat belajar IPAnya, atau sekitar 22 % dari keseluruhan peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar IPA dengan penerapan media komik pada peserta didik kelas VIII1 SMPN 26 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:13
Last Modified: 24 Apr 2018 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item