Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan di SMK Negeri 5 Makassaar

H. Muh., Tahir (2013) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan di SMK Negeri 5 Makassaar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Tahir, H.Muh..docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK MUH. TAHIR. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan di SMK Negeri 5 Makassaar (dibimbing oleh Muhammad Yahya, dan Bakhrani Rauf). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada mata pelajaran rencana anggaran biaya bangunan dapat meningkatkan motivasi pembelajaran, (2) mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada mata pelajaran rencana anggaran biaya bangunan dapat meningkatkan kreatifitas pembelajaran, dan (3) mengetahui penerapan pendekataan pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada mata pelajaran rencana anggaran biaya bangunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (PT). Karena yang dihadapi adalah sekelompok siswa yang sedang belajar, maka penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Makassar, Jl. Sunu No. 162 Kota Makassar. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan mata pelajaran rencana anggaran biaya bangunan di SMK Negeri 5 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2012/2013 dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan setelah siswa diberikan model pembelajaran berbasis masalah, 2) terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2012/2013 dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan setelah siswa diberikan model pembelajaran berbasis masalah, dan (3) terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2012/2013 dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan setelah siswa diberikan model pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah ABSTRACT MUH.TAHIR. 2013. Problem-based Learning Model on Building Budget Plan Learning Subject at SMK Negeri 5 Makaassar (supervised by Muhammad Yahya and Bakhrani Rauf) The study aimed at eaxamining (1) the implementation of problem based-learning approach on building budget plan learning subject could improve students’ learning motivation, (2) the implementation of problem based-learning approach on building budget plan learning subject could improve students’ learning creativity, and (3) the implementation of problem based-learning approach on building budget plan learning subject could improve students’ learning outcomes. The method used in study was classroom action research because it dealt with groups of student in teaching and learning process. The study was conducted at SMKN 5 Makassar, Jl. Sunu’ No. 162 in Makassar. The population and sample of the study was grade XII students of Building Sketches Enginering Competence on building budget plan learning subject at SMKN 5 Makassar. The results of the study revealed that (1) there was improvement on students’ motivation of grade XIII of academic year 2012/2013 from cycle I to cycle II on building budget plan learning subject after given a problem based-learning model, (2) there was improvement on students’ creativity of grade XIII of academic year 2012/2013 from cycle I to cycle II on building budget plan learning subject after given a problem-based learning model, and (3) there was improvement on students’ learning outcomes of grade XII of academic year 2012/2013 from cycle I to cycle II on building budget plan learning subject after given a problem-based learning model. Keywords: problem-based-learning model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:38
Last Modified: 02 Nov 2016 07:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item