Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Komparatif Antara Guru yang Bersertifikat dengan yang Belum Bersertifikat Pendidik Di Kabupaten Sidrap Tahun 2014

KASMAWATI B, KASMAWATI B (2015) Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Komparatif Antara Guru yang Bersertifikat dengan yang Belum Bersertifikat Pendidik Di Kabupaten Sidrap Tahun 2014. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya mutu pendidikan yang disebabkan oleh rendahnya mutu dan kualitas guru sebagai tenaga pendidik. Dan salah satu cara yang di lakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan dikeluarkannya program sertifikasi. Sertifikasi guru merupakan program yang dikeluarkan pemerintah guna untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru yang meliputi penguasaan empat kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi pedagogik sehingga kedepannya seorang guru merupakan seorang pendidik yang benar benar profesional dibidangnya, namun pada kenyataannya apakah program sertifikasi pemerintah tersebut memberikan pengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini diharapkan akan dapat banyak memberi manfaat serta memberikan informasi mengenai kompetensi pedagogik guru yang ada di Kabupaten Sidrap dan juga untuk mengetahui perbandingan kompetensi pedagogik antara guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dengan yang telah memiliki sertifikat pendidik di Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian “Ex post facto” tentang perbandingan kompetensi pedagogik guru antara guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dengan guru yang telah memiliki sertifikat pendidik di Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru yang belum memiliki sertifikat pendidik berada pada kategori tinggi terbukti bahwa dari 34 guru yang belum memiliki sertifikat pendidik terdapat 4 orang guru berada pada kategori sedang dan 30 orang guru berada pada kategori tinggi. (2) Kompetensi pedagogik guru yang telah memiliki sertifikat pendidik tergolong tinggi bahkan sangat tinggi terbukti bahwa dari 34 orang guru yang telah memiliki sertifikat pendidik terdapat 23 orang guru berada pada kategori stinggi dan 11 orang guru berada pada kategori sangat tinggi. (3) Ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap guru yang sudah sertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi atau dengan kata lain terdapat perbedaan kompetensi pedagogik antara guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dengan yang telah memiliki sertifikat pendidik di Kabupaten Sidrap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:42
Last Modified: 23 Apr 2018 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7885

Actions (login required)

View Item View Item