Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Epa (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep) Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 33 Makassar.

Rodiana, Rosdiana (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Epa (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep) Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 33 Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ROSDIANA.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK ROSDIANA, 2013. , Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Epa (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep) Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 33 Makassar. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Patahuddin dan H. Burhanuddin Pabitjara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan dua siklus yang bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belaja sejarah melalui metode pembelajaran epa (eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep) pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 33 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 33 Makassar dengan jumlah siswa 41 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa di setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran epa (eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep) selama dua siklus yaitu meningkatnya hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pada kategori sedang yaitu sebesar 82,85 dari skor ideal 100 dengan rentang skor yaitu 25. Sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata mencapai 87,00 dari skor ideal 100 dengan rentang skor 10. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran epa (eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep) maka hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 33 Makassar cukup banyak meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item