Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi berbasis Web pada Konsep Sistem Saraf dan Sistem Indera di Sekolah Menengah Atas.

AMIR, ASRUL (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi berbasis Web pada Konsep Sistem Saraf dan Sistem Indera di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (869kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi berbasis web yang valid, praktis dan efektif untuk sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D), yang mengadaptasi model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk melihat kevalidan LKS, angket respon guru dan respon siswa untuk melihat kepraktisan LKS, serta tes hasil belajar untuk melihat keefektifan dari LKS. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan LKS oleh tiga validator adalah 4,56 yaitu kategori valid. Kepraktisan LKS diperoleh respon guru sebesar 88,60% yaitu kategori sangat kuat dan respon siswa sebesar 87,75% yaitu kategori sangat kuat. LKS telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu 94,12% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa LKS Biologi berbasis web yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:26
Last Modified: 18 Apr 2018 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7581

Actions (login required)

View Item View Item