Efektifitas Penggunaan Asesmen Proses Berbasis Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidrap

Samir, Abd Halim (2017) Efektifitas Penggunaan Asesmen Proses Berbasis Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidrap. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
Artikel ilmiah revisi kedua.docx

Download (108kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pra eksperimen dengan menggunakan satu kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan asesmen proses berbasis portofolio dalam pembelajaran matematika kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidrap. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidrap. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sidrap melalui penarikan sampel secara random. Jumlah sampel sebesar 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, (3) tes hasil belajar, (4) angket respon peserta didik, (5) lembar observasi aktivitas peserta didik, (6) lembar kerja peserta didik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sidrap adalah 77,3. Nilai tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang diterapkan di kelas X IPA SMA Negeri 1 Sidrap sebesar 70. Dari hasil perhitungan gain yang ternormalisasi diperoleh nilai 0,41. Nilai ini menunjukkan bahwa besar peningkatan rata-rata tes hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sidrap sebelum dan sesudah perlakuan berada kategori rendah. Hasil analisis deskriptif data respon peserta didik menunjukkan bahwa 91,05% peserta didik memberikan respon positif. Hasil analisis deskriptif data aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa persentase aktifnya lebih dari 21 peserta didik dalam proses pembelajaran adalah 61,61%. Jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif penggunaan asesmen proses berbasis portofoilio efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sidrap. Hasil uji hipotesis menggunakan Minnitab 17 dengan analisis one sample t-test dengan taraf signifikansi 95% (α=0,05) diperoleh nilai t hitung sebesar 2,43. Jika dk = n-1 = 34-1 = 33, maka untuk uji satu pihak (dalam hal ini uji pihak kanan), harga t tabel = 1,694. Nilai t hitung (2,43) > nilai t tabel (1,694). Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka H0 ditolak, dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa besarnya peningkatan rata-rata skor tes hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sidrap berada pada kategori minimal sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:50
Last Modified: 13 Apr 2018 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7474

Actions (login required)

View Item View Item