Pengaruh Persepsi tentang Lingkungan Belajar, Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu.

HANDAYANI, HANDAYANI (2016) Pengaruh Persepsi tentang Lingkungan Belajar, Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEEL.docx

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bersifat korelasional bertujuan menyelidiki pengaruh persepsi tentang lingkungan belajar, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu. Penelitian ini terdiri atas empat variabel yaitu variabel independent, yakni persepsi tentang lingkungan belajar (X1) dan minat belajar (X2), dan variabel intervening, yakni motivasi belajar (Y1) dan variabel dependen, yakni hasil belajar IPA (Y2). Data mengenai persepsi tentang lingkungan belajar, minat belajar, dan motivasi belajar siswa diperoleh dari angket, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang lingkungan belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu. Besarnya pengaruh persepsi tentang lingkungan belajar terhadap hasil belajar adalah 0,212 = 4,41%. Minat belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu. Besarnya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar adalah 0,262 = 6,76 %. Motivasi belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 0,202 = 4%. Persepsi tentang lingkungan belajar melalui motivasi belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu, dengan koefisien jalur tidak langsung sebesar 0,08 dengan pengaruh total sebesar 0,29. Minat belajar melalui motivasi belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kabupaten Luwu, dengan koefisien jalur tidak langsung sebesar 0,07 dengan pengaruh total sebesar 0,33.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:56
Last Modified: 13 Apr 2018 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item View Item