Pengaruh Metode Pembelajaran dan Persepsi Siswa tentang Kinerja Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang

USMAN, ASMIATI (2015) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Persepsi Siswa tentang Kinerja Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

ABSTRAK Pendidikan sangatlah penting dalam perkembangan suatu bangsa sehingga sekolah harus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya mutu pendidikan matematika. Hasil observasi di SMK Negeri 2 Pinrang menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pelajaran matematika yang masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran (diskusi dan ekspositori) terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 2 Pinrang (2) Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kinerja profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 2 Pinrang (3) Apakah ada pengaruh ssecara bersama antara metode pembelajaran (diskusi dan ekspositori) dan persepsi siswa tentang kinerja profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (metode diskusi dan metode ekspositori) dan persepsi siswa tentang kinerja profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen , yang dilaksanakan selama 6 kali pertemuan, dengan materi Aproksimasi Kesalahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 4 dan X TKJ 5 SMK Negeri 2 Pinrang Kabupaten Pinrang sebanyak 68 siswa. Indikator yang digunakan (1) Nilai hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil tes dengan nilai KKM, yaitu ≥75 dan ketuntasan klasikal tercapai jika minimal 85% mencapai ≥75, (2) Persepsi Siswa tentang kinerja profesional guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil perhitungan uji t untuk variabel metode pembelajaran diketahui bahwa terdapat pengaruh antara metode pembelajaran (metode diskusi dan metode ekspositori) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang. (2) Berdasarkan hasil perhitungan uji t untuk variabel metode pembelajaran diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang kinerja profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang (3) Dari hasil analisis dengan SPSS diperoleh bahwa terdapat kaitan secara bersama-sama antara metode pembelajaran (metode diskusi dan ekspositori) dan persepsi siswa tentang kinerja profesional guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Pinrang dapat diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 05:27
Last Modified: 10 Apr 2018 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item