Evaluasi Program Pelatihan Instruktur Nasional Guru SD tentang Implementasi Kurikulum 2013 di LPMP Provinsi Sulawesi Selatan

FAJRIANI, SANTI (2016) Evaluasi Program Pelatihan Instruktur Nasional Guru SD tentang Implementasi Kurikulum 2013 di LPMP Provinsi Sulawesi Selatan. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Evaluasi Program.docx

Download (81kB)

Pemerintah telah memberlakukan kurikulum baru pada tahun ajaran 2013/2014 dan pengimplementasiannya dilakukan secara bertahap di sekolah. Guru memiliki posisi yang strategis bahkan menjadi penentu keberhasilan implementasi kurikulum ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan bagi para guru yang akan melaksanakan kurikulum tersebut. Jumlah guru sasaran yang sangat besar membuat pemerintah menerapkan bentuk pelatihan berjenjang agar semua guru sasaran mendapatkan bekal pelatihan sebelum mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pelatihan Instruktur Nasional Guru SD tentang Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan pada tahun 2015 di LPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance yang terdiri dari tiga aspek evaluasi, yaitu: masukan, proses, dan hasil. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi pada penelitian ini meliputi: (1) masukan, menunjukkan bahwa komponen prosedur rekruitmen peserta pelatihan, kriteria instruktur, penyiapan bahan pelatihan, dan ketersediaan anggaran berada pada kategori baik, (2) proses, menunjukkan bahwa komponen administrasi pelaksanaan pelatihan, strategi pelatihan, dan pemanfaatan anggaran berada pada kategori baik, (3) hasil, menunjukkan bahwa komponen perubahan pola pikir dan kompetensi peserta pelatihan berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa program Pelatihan Instruktur Nasional Guru SD dapat dikatakan berhasil. Meskipun sebenarnya masih terdapat beberapa hal yang perlu mendapatkan perbaikan, namun yang sudah dinyatakan baik dapat dijadikan acuan untuk mengoptimalkan program pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 berikutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:11
Last Modified: 10 Apr 2018 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item