USING BLOGS TO IMPROVE THE FOURTH SEMESTER STUDENTS ABILITY TO WRITE ARGUMENTATIVE TEXT AT TOMAKAKA UNIVERSITY

RAFIQA NUR, AINUN (2016) USING BLOGS TO IMPROVE THE FOURTH SEMESTER STUDENTS ABILITY TO WRITE ARGUMENTATIVE TEXT AT TOMAKAKA UNIVERSITY. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTICLE.docx

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan menulis mahasiswa yang diajarkan melalui penggunaan Blogs dengan kemampuan menulis mahasiswa yang diajarkan dengan metode ceramah; (a) manakah dari komponen menulis yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Blogs, (2) ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran menulis teks argumentatif melalui penggunaan Blogs. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Mahasiswa semester empat di Universitas Tomakaka merupakan sampel dari penelitian ini, dipilih melalui teknik sampel jenuh karena total populasinya dalam skala kecil, yaitu hanya 26 mahasiswa pada semester empat pada tahun ajaran 2014/2015. Data tentang kemampuan menulis mahasiswa diperoleh melalui tes menulis, sedangkan data tentang ketertarikan belajar mahasiswa diperoleh melalui angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan menulis mahasiswa yang diajarkan melalui penggunaan Blogs dengan kemampuan menulis siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih rendah dari pada level signifikansi, yaitu: 0,008<0,5. Dan komponen menulis yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Blogs adalah Content. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t berpasangan yang menunjukkan selisih nilai rata-rata dari kelas experiment yang tertinggi adalah Content, yaitu 6.15385. Dalam hal ketertarikan mahasiswa dalam belajar menulis melalui Blogs, ditemukan bahwa ketertarikan mahasiswa dalam belajar menulis teks argumentatif melalui Blogs tergolong sangat tinggi serta terdapat hubungan positif antara ketertarikan mahasiswa dalam belajar menulis teks argumentatif dengan peningkatan menulis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 08:50
Last Modified: 09 Apr 2018 08:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7180

Actions (login required)

View Item View Item