NURHIDAYAH, NURHIDAYAH (2016) Pendeteksian Bias Butir Soal Matematika Ujian Akhir Sekolah SMP Negeri Di Kabupaten Barru Berdasarkan Kelompok Gender, Status Sosial, Dan Wilayah. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL.docx Download (65kB) |
Abstract
ABSTRAK Pentingnya pendeteksian bias dilakukan untuk mendapatkan soal yang benar-benar mengukur kemampuan siswa tanpa memihak pada kelompok-kelompok tertentu sehinga menghasilkan soal yang benar-benar berkualitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi bias butir yan terdapat dalam soal matematika Ujian Akhir Sekolah pada kelompok gender, status sosial, dan wilayah berdasarkan teori respon butir. Jenis penelitian ini eksploratif, yaitu akan mengungkap butir-butir yan terdeteksi bias dalam soal Ujian Akhir Sekolah berdasarkan teori respon butir. Subjek dalam penelitian ini adalah butir perangkat soal dengan responden seluruh lembar jawaban peserta tes di Kabupaten Barru dengan jumlah responden 469 siswa. Sebelum melakukan pendeteksian bias butir terlebih dahulu dilakukan estimasi parameter dengan mengunakan model logistik 2P untuk melihat daya beda dan tingkat kesukaran butir pada perangkat soal. Selanjutnya, bias dideteksi dengan mengunakan metode Lord’s chi-square berdasarkan teori respon butir. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 40 butir soal, terdapat 21 butir soal yang terindikasi memuat bias gender, 22 butir soal yang terindikasi memuat bias lokasi (wilayah), dan diperoleh 26 butir soal yang terindikasi memuat bias status status sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 05:40 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 05:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7143 |
Actions (login required)
View Item |