Aminah, Aminah (2018) Komparasi Efektivitas Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Model Missouri Mathematics Project dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VII SMPN 2 Polewali. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
AMINAH.docx Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan model Missouri Mathematics Project dalam Pembelajaran Matematika dengan berdasar pada tiga kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan respons siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Polewali pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII.3 diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan kelas VII.2 diajar dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respons siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi Bentuk Aljabar dikelas VII SMPN 2 Polewali terlaksana dengan baik (2) Pembelajaran dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project materi Bentuk Aljabar dikelas VII SMPN 2 Polewali terlaksana dengan baik (3) Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization efektif untuk diterapkan dikelas VII SMPN 2 Polewali pada materi Bentuk Aljabar (4) Pembelajaran dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project efektif untuk diterapkan dikelas VII SMPN 2 Polewali pada materi Bentuk Aljabar (5) Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih efektif dari pada model Missouri Mathematics Project dalam pembelajaran matematika pada materi Bentuk Aljabar dikelas VII SMPN 2 Polewali. Kata Kunci: Efektivitas, pembelajaran matematika, model kooperatif, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 05:38 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 05:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7142 |
Actions (login required)
View Item |