SAMAD, ASNIATI (2016) Perbandingan kecerdasan interpersonal dan Hasil Belajar Siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Jigsaw III Kelas IX IPA di SMA Negeri 4 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL.doc Download (532kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest noneqivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kecerdasan interpersonal dan hasil belajar Biologi siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan Jigsaw III pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 4 Parepare. Data penelitian mengenai kecerdasan interpersonal siswa diperoleh dari angket kecerdasan interpersonal dan data penelitian mengenai hasil belajar Biologi siswa diperoleh dari nilai tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan interpersonal siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah 83,54, sedangkan Jigsaw III adalah 83,79. Rata-rata nilai hasil belajar Biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah 78,67, sedangkan Jigsaw III adalah 84,75. Hasil uji inferensial berdasarkan Test of Between Subjects Effects pada MANCOVA, maka diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 untuk hasil belajar Biologi dan 0,736 untuk kecerdasan interpersonal maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Biologi siswa antara yang dibelajarkan dengan TSTS dan Jigsaw III dan tidak terdapat perbedaan jika ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 00:57 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 00:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7083 |
Actions (login required)
View Item |