Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN Satu Atap Karangko Kabupaten Sinjai

Anharia, Anharia (2017) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN Satu Atap Karangko Kabupaten Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB II.docx

Download (82kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar IPA Terpadu yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together peserta didik kelas VII SMPN Satu Atap Karangko Kabupaten Sinjai. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang teridiri atas 2 siklus dengan desain penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar peserta didik, yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Data penelitian mengenai motivasi belajar peserta didik diperoleh dari lembar angket motivasi belajar yang diisi oleh peserta didik tiap akhir siklus, data penelitian mengenai aktivitas belajar diperoleh melalui lembar observasi aktivitas yang diisi oleh observer tiap pertemuan dan data penelitian mengenai hasil belajar IPA Terpadu peserta didik diperoleh dari nilai tes evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi ekosistem peserta didik kelas VII SMPN Satu Atap Karangko Kabupaten Sinjai mengalami peningkatan yaitu: (1) motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 58,33% ke siklus II sebesar 95,83%, (2) aktivitas peserta mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 36,68% ke siklus II sebesar 80,99%, (3) hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,5% ke siklus II sebesar 91,67%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada peserta didik kelas VII SMPN Satu Atap Karangko Kabupaten Sinjai pada materi ekosistem dapat meningkatkan motivasi, aktivitas,dan hasil belajar IPA Terpadu peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:23
Last Modified: 06 Apr 2018 08:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item