Studi Evaluasi Program life skill Tata Busana Pada Kelas XI di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK

ADNAN, MUH (2017) Studi Evaluasi Program life skill Tata Busana Pada Kelas XI di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tesis.docx

Download (73kB)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Menurut sumber pada sekolah yang menaungi PK-PLK bahwa topik tersebut belum perna diteliti (2). Program life skill tersebut sudah berjalan lebih dari 10 tahun sehingga perlu dievaluasi (3). Ingin menganalisis dan mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program life skill di sekolah tersebut karena idealnya setiap ada kebijakan pemerintah terkait dengan program perbaikan pendidikan, misalnya pelaksanaan suatu program kebijakan pada setiap jenjang pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisi evaluasi komponen proses pada pelaksanaan life skill tata busana di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan sentra PK-PLK ?. 2) Bagaimana analisis evaluasi komponen produk pada pelaksanaan life skill tata busana di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan sentra PK-PLK?. Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen proses dan produk pelaksanaan program life skill tata busana di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan sentra PK-PLK. Peneltian ini merupakan penelitian evalusi program, subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru keterampilan SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentar PK-PLK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa: 1) Program life skill tata busana di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK pada komponen proses keterampilan tata busana dinilai sangat baik. Dapat diketahui dari penilaian terhadap satuan pelajaran, aktifitas guru, kegiatan belajar mengajar, penilaian dan hambatan dengan analisis data pada angket yang diberikan kepada guru mencapai 87% termasuk kategori sangat baik. 2) Program life skill tata busana di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK pada komponen produk keterampilan tata dapat diketahui dari penilaian terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotorik termasuk kategori sangat baik atau 92% ini terlihat dari tingkat penguasaan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Untuk ranah kognitif siswa dengan presentase 84% atau kategori sangat baik. Untuk penguasaan ranah afektif siswa dengan presentase 94% atau kategori sangat baik. Untuk ranah psikomotorik siswa dengan presentase 96% dengan kategori sangat baik. maka diambil keputusan bahwa program life skill tata busana di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK hasilnya sangat baik, maka perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:23
Last Modified: 06 Apr 2018 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7010

Actions (login required)

View Item View Item