SULFIDAH, ITA (2016) Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL.docx Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Keberhasilan proses pendidikan dapat diukur dengan melihat hasil belajar siswa. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan proses pendidikan adalah lingkungan belajar. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk menganalisis persepsi siswa mengenai pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan; (ii) Untuk menganalisis pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan; (iii) Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan; (iv) Untuk menganalisis persepsi siswa mengenai pengaruh pola asuh orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan; (v) Untuk menganalisis pengaruh interaksi teman sebaya melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, teknik pengumpulan data melalui metode angket dan metode dokumentasi. Data dianalisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi siswa mengenai pola asuh orang tua, ineraksi teman sebaya, motivasi belajar dan hasil belejar IPA. Analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis jalur (dengan taraf signifikasi α= 0,05) dengan bantuan program SPSS 20,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Terdapat pengaruh langsung persepsi siswa mengenai pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan sebesar 17%; (ii) Terdapat pengaruh langsung interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan sebesar 20%; (iii) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan sebesar 15%; (iv) Tidak terdapat pengaruh persepsi siswa mengenai pola asuh orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan; (v) Tidak terdapat pengaruh interaksi teman sebaya melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Se-Kecamatan Sinjai Selatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 02:39 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 02:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6981 |
Actions (login required)
View Item |