Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru Tahun 2017

SURYANI, IRMA (2017) Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru Tahun 2017. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL - IRMA SURYANI (15B14068).docx

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gambaran pemberian penguatan pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, (ii) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, (iii) mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Penlitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Komp. Ralla yang berjumlah 39 dengan sampel 18 dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 18 dari kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan inferensial yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pelakasanaan pemberian penguatan pada mata pelajaran IPS sesuai dengan indikator pemberian penguatan yang telah direncakan yaitu kompenen pemberian penguatan yang terdiri dari penguatan verbal dan non verbal, prinsip pemberian penguatan dan cara pemberian penguatan pada umumnya terlaksana dengan baik. (ii) Siswa yang diajar dengan pemberian penguatan memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandikan siswa yang diajar tanpa pemberian penguatan pada Siswa kelas IV SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. (iii) terdapat pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Kompleks Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:55
Last Modified: 05 Apr 2018 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item