Pengembangan Model Unit Produksi Perikanan Berbasis Agribisnis SMK Negeri 3 Enrekang

HALIAPINA,, HALIAPINA, (2017) Pengembangan Model Unit Produksi Perikanan Berbasis Agribisnis SMK Negeri 3 Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1 TESIS (1-89).docx

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK SMK memegang peranan penting dalam menciptakan generasi bangsa yang mampu berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. SMK adalah lembaga pendidikan yang membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang yang dipilihnya dan mempersiapkan siswa untuk terjun ke dunia kerja. Pengembangan Unit Produksi bertujuan untuk memberikan pengalaman praktek kerja nyata bagi siswa sekolah kejuruan sehingga lulusannya diharapkan memiliki keterampilan bekerja mendekati tuntutan dunia usaha dan memiliki jiwa wiraswasta. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan unit produksi pada program keahlian agribisnis perikanan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Enrekang. (2) Mengembangkan model unit produksi perikanan berbasis agribisnis di SMKN 3 Enrekang agar pembelajaran unit produksi perikanan valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan unit produksi SMKN.3 Enrekang pada program keahlian agribisnis perikanan yaitu memadukan unit produksi dengan mata pelajaran prakarya/mulok. (2) Pengembangan model unit produkasi perikanan berbasis agribisnis di SMKN. 3 Enrekang dilakukan melalui beberpa tahap: (1) Perancangan model unitproduksi perikanan berbasis agribisnis, (3) Pengujian internal, (4) revisi. (5) Uji coba, (6) Pengujuan produk akhir. Berdasarkan hasil pengembangan model tersebut dapat disimpulkan 1) Pengujian internal terhadap buku panduan model pembelajaran, modul pembelajaran, silabus pembelajaran, RPP pembelajaran dan jobsheet pembelajaran yang dikembangkan diperoleh persentase yaitu 92% berada pada kategori sangat valid. 2) Uji kepraktisan melalui uji coba lapangan operasional dengan menggunakan instrumen respon peserta didik dan instrumen respon pendidik menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran yang di kembangkan berada pada kategori sangat praktis di tinjau dari beberapa indikator penilaian hasil respon peserta didik yaitu 95%. 3) Uji keefektifan melalui uji coba lapangan operasional dengan munggunakan lembar observasi aktivitas pesertaa didik, dan lembar observasi aktivitas pendidik menunjukkan model pembelajaran yang dikembagkan berada pada kategori sangat efektif yaitu 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:28
Last Modified: 05 Apr 2018 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6883

Actions (login required)

View Item View Item