Deskripsi Proses Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Matematika Guru Pembina Olimpiade Matematika SMPN 1 Alla

Curex, Nola (2017) Deskripsi Proses Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Matematika Guru Pembina Olimpiade Matematika SMPN 1 Alla. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
11 BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses scaffolding dalam pemecahan masalah matematika oleh guru pembina olimpiade matematika SMP Negeri 1 Alla. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang guru pembina olimpiade Matematika SMP Negeri 1 Alla. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah: 1) Proses scaffolding yang dilakukan oleh subjek pada tahapan memahami masalah adalah explaining yaitu dengan melakukan penekanan pada kalimat yang memberikan informasi penting. Pada materi-materi soal olimpiade scaffolding ini jarang digunakan karena sebagian besar siswa calon peserta olimpiade jarang mengalami kesulitan dalam memahami masalah terutama pada materi bilangan, aljabar dan geometri. 2) Proses scaffolding yang dilakukan oleh subjek pada tahapan merencanakan pemecahan masalah adalah reviewing dan restructuring yaitu dengan melakukan tanya jawab agar siswa dapat mengingat kembali aturan atau sifat yang pernah diberikan sebelumnya kemudian subjek melanjutkan dengan melakukan tanya jawab untuk memunculkan ide siswa agar siswa dapat berpikir kreatif. Soal-soal olimpiade merupakan soal-soal non rutin yang dalam penyelesaiannya sangat dibutuhkan kreatifitas dari siswa. 3) Proses scaffolding yang dilakukan oleh subjek pada tahapan menyelesaikan masalah adalah restructuring yaitu antara lain dengan dengan melakukan tanya jawab ketika siswa salah dalam menghitung atau menggunakan rumus, memberikan motivasi agar siswa dapat menumbuhkan idenya sendiri, memberikan umpan balik dan penguatan respon serta mengurangi arahan/bantuan. 4) Proses scaffolding yang dilakukan oleh subjek pada tahapan mengecek kembali adalah reviewing yaitu dengan mengajak siswa aktif untuk memecahkan masalah, melakukan diskusi tentang jawaban yang telah diperoleh oleh siswa dengan mengajak siswa menyelesaikan soal bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan melakukan refleksi terhadap hasil pekerjaan siswa sehingga dapat menyempurnakan cara penyelesaian soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:55
Last Modified: 05 Apr 2018 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item