Pengembangan Bahan Ajar Menulis Wacana Argumentasi Berbasis e-Learning Model Project-Based Learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar.

SAKARIA., SAKARIA. (2017) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Wacana Argumentasi Berbasis e-Learning Model Project-Based Learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal internasionalku.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pengembangan prototipe bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar, 2) mendeskripsikan kevalidan bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar, 3) mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar, dan 4) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini, adalah penelitian pengembangan diuji dengan menggunakan desain pengembangan model Borg dan Gall. Penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Makassar. Subjek uji coba adalah ahli desain bahan ajar e-Learning, ahli materi bahan ajar dan desain pembelajaran, dosen pengampu mata kuliah, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengisi lembar validasi bahan ajar, angket respon dosen, angket respon mahasiswa dan tes menulis wacana argumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Bahan menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning yang telah dikembangkan terdiri dari delapan topik materi pembelajaran. Setiap topik terdapat dua content utama, yaitu: sumber belajar dan aktivitas belajar. Sumber belajar terdiri dari fitur indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan hyperlink sedangkan aktivitas belajar terdiri dari fitur kuis, forum diskusi, tugas individu dan tugas proyek. 2) Bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning yang dikembangkan telah valid digunakan karena kriteria kevalidan telah terpenuhi, nilai rata-rata validitas hasil validasi ahli materi bahan ajar dan desain pembelajaran M = 3,5 berada pada kategori sangat valid dan ahli desain e-Learning M = 3,3 berada pada kategori valid, 3) Bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning yang dikembangkan telah praktis karena kriteria kepraktisan telah terpenuhi, nilai rata-rata persentase respons mahasiswa yang menyatakan setuju dengan dengan butir angket yang ditanyakan = 99.14%, berada kategori sangat praktis, dan 4) Bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning yang dikembangkan telah efektif karena kriteria keefektifan telah terpenuhi, nilai t hitung > nilai t tabel (7, 27 > 2,04). Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan beberapa saran, yaitu: 1) pengembangan bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning yang dihasilkan melalui dua kali uji coba, oleh karena itu untuk memperoleh hasil yang sempurna disarankan untuk melakukan uji coba selanjutnya, 2) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini, diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini yang telah dikembangkan, sehingga penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini, dan 3) Pengembangan bahan ajar menulis wacana argumentasi berbasis e-Learning model project-based learning hendaknya dilakukan pada materi menulis wacana yang lain untuk membuat mahasiswa tertarik, senang, dan aktif dalam belajar menulis wacana.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 01:39
Last Modified: 05 Apr 2018 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6814

Actions (login required)

View Item View Item