DESKRIPSI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA ONLINE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAKASSAR

AMIRUDDIN, AHMAD AMRI (2017) DESKRIPSI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA ONLINE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (27kB)

Dalam perkembangan jaman yang semakin maju, diharapkan para pendidik mampu mengemas pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif yaitu dengan pembelajaran mengunakan media online. Khususnya guru matematika dalam pembelajaran materi bangun ruang dimensi tiga sangat dianjurkan untuk mengemas pembelajaran dengan menggunakan media online, agar siswa belajar mandiri dan mampu meningkatkan hasil belajar pada materi geometri bangun ruang dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dalam pembelajaran berbantuan media online; (ii) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara Gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) dalam pembelajaran matematika berbantuan media online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memilki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam pembelajaran berbantuan media online kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Makassar pada pokok bahasan dimensi tiga. Untuk membedakan siswa yang bergaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) digunakan tes GEFT, dan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes yang berbentuk essay yang telah diuji cobakan pada pokok bahasan dimensi tiga. Dari hasil tes GEFT dan tes hasil belajar dimensi tiga tersebut diperoleh data yang dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memilki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam pembelajaran berbantuan media online kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Makassar pada pokok bahasan dimensi tiga, dimana kelompok siswa yang bergaya kognitif field independent (FI) mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang bergaya kognitif field dependent (FD), hasil analisis deskriptif kelompok siswa bergaya kognitif field independent (FI) dengan skor rata-rata 82,03 dan standar deviasi 4,246, sedangkan kelompok siswa bergaya kognitif field dependent (FD) dengan skor rata-rata 65,50 dan standar deviasi 7,259. terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memilki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam pembelajaran berbantuan media online Dikarenakan nilai siginifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) (0,000) < taraf signifikansi (α=0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Katakunci: Gaya Kognitif Field Independent (FI), Gaya Kognitif Field Dependent

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:53
Last Modified: 04 Apr 2018 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6760

Actions (login required)

View Item View Item