Inrayani, D. (2016) Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Daerah Toraja Siswa Kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
INRAYANI D..docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK INRAYANI D. 2016.“Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Daerah Toraja Siswa Kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara”.Skirpsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra , Universitas Negeri Makassar.Dibimbing oleh Muhammad Salehdan Muh. Bachtiar Syamsuddin. Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikankemampuan membaca memahami siswa kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dari penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara tahun ajaran 2015/ 2016 berjumlah 62 siswa.Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA semester I. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis (pertanyaan essay dan benar salah). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria kemampuan membaca memahami teks bahasa daerah Toraja siswa kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara, jika nilai siswa mencapai KKM yakni dikatakan mampu apabila nilai yang diperoleh 75 ke atas dan tidak mampu apabila tidak mencapai 75 nilai yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukankemampuan membaca memahami teks bahasa daerah Toraja siswa kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara dalam menjawab pertanyaan essay dan benar salah berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81.Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca memahami siswa kelas VII SMPN 2 Sopai Toraja Utara Kabupaten Toraja disebabkan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal belajar dipengaruhi oleh minat, kesenangan dan kebiasaan, sedangkan faktor eksternal belajar berkaitan dengan kesempatan membaca, pemanfaatan perpustakaan, dan nilai maksimal yang diperoleh siswa. Kedua faktor tersebut mempengaruhi kemampuan membaca memahami teks bahasa daerah Toraja siswa Saran untuk kepala sekolah yakni demi kelanjcaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, hendaknya pihak sekolah memberikan kelengkapan sarana-prasarana, serta menambah koleksi buku-buku perpustakaan, khususnya buku-buku bahasa daerah Toraja sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal dan tujuan pendidikan bisa tercapai, untuk guru bidang studi bahasa daerah Toraja dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan guru bidang studi bahasa daerahToraja, bisa lebih kreatif dan variatif dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga siswamerasa tertarik dan semangat mempelajari materi yang ada dan itu akan sangat membantu menumbuhkan kemampuan membaca memahami siswa.Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam melakukan penelitian lebih lanjut di bidang pembelajaran, yang berkaitan dengan kemampuan membaca memahami siswa khususnya bahasa daerah Toraja, guna meningkatkan kualitas pendidikan. Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Memahami, Teks
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 06:50 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 07:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/67 |
Actions (login required)
View Item |