Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Momentum, Impuls, dan Tumbukan di SMAN 11 Unggulan Pinrang.

IDRIS, MOHAMMAD NUR (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Momentum, Impuls, dan Tumbukan di SMAN 11 Unggulan Pinrang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
0. TESIS NUR IDRIS (1-163).doc

Download (5MB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh informasi tentang perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pencapaian minat dan hasil belajar fisika, (2) untuk mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik dengan menerapkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dengan menerapkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD, (4) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut terdiri dari 9 komponen, yaitu (1) RPP; (2) Buku bacaan peserta didik; (3) Lembar kerja peserta didik; (4) Tes hasil belajar; (5) Lembar observasi aktivitas peserta didik; (6) Lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (7) Angket respon peserta didik; (8) Lembar angket minat peserta didik; (9) Lembar validasi. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (dessimenate). Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang Kabupaten Pinrang pada peserta didik kelas XI IPA 1. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis dan efektif. Sebagai implikasi yang diperoleh dari perangkat ini, disarankan: (1) kepada pendidik Fisika untuk dapat menggunakan perangkat ini pada materi momentum, impuls, dan tumbukan, (2) Untuk keperluan pengembangan selanjutnya, pendidik diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (RPP, BPD, LKPD, dan THB) pada materi lain yang dapat disesuaikan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, sehingga peserta didik akan lebih berminat belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:08
Last Modified: 03 Apr 2018 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6654

Actions (login required)

View Item View Item