Hubungan Persepsi Tentang Kinerja Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Toraja Utara

Pakabu, Selvianti (2016) Hubungan Persepsi Tentang Kinerja Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Toraja Utara. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEEL.docx

Download (122kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi tentang kinerja guru dan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Toraja Utara. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA di Toraja Utara tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 254 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster-proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket persepsi siswa tentang kinerja guru, (2) angket persepsi siswa tentang pola asuh orang tua, (3) angket motivasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Toraja Utara tentang kinerja guru berada pada kategori cukup memuaskan, persepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Toraja Utara tentang pola asuh orang tua berada pada kategori baik, motivasi belajar pada kategori sedang dan hasil belajar biologi berada pada kategori tinggi, (2) persepsi siswa tentang kinerja guru berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,300) dengan motivasi belajar, (3) persepsi siswa tentang pola asuh orang tua berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,203) dengan motivasi belajar , (4) persepsi siswa tentang kinerja guru berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,244) dengan hasil belajar biologi, (5) persepsi siswa tentang pola asuh orang tua berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,155) dengan hasil belajar biologi, (6) motivasi belajar biologi siswa berhubungan langsung dan signifikan (r = 0,443) dengan hasil belajar biologi, (7) persepsi siswa tentang kinerja guru berhubungan tidak langsung dengan hasil belajar biologi dan signifikan (r = 0,133) melalui motivasi belajar, (8) persepsi siswa tentang pola asuh orang tua berhubungan tidak langsung dengan hasil belajar biologi dan signifikan (r = 0,090) melalui motivasi belajar,

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:07
Last Modified: 03 Apr 2018 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item View Item