Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang.

Ekawaty, Ekawaty (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
1. TESIS EKA (1-105).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan efektif digunakan untuk mengatasi pelajaran yang membosankan dan monoton yaitu penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangjan perangkat pembelajaran kimia berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match; (2) untuk memperoleh perangkat pembelajaran kimia berbasis model pembelajran kooperatif tipe Make A Match bagi peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dan desain penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe Make A Match yaitu, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku peserta didik, lembar kegiatan peserta didik. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match bagi peserta didik SMA kelas X telah memenuhi kriteria kualitas perangkat pembelajaran, yaitu: (1) valid, rata-rata nilai kevalidan untuk RPP yaitu 3,43 (valid), materi ajar (buku peserta didik ) yaitu 3,63 (sangat valid), LKPD yaitu 3,4 (valid), (2) praktis yaitu keterlaksanaan pembelajaran tinggi yaitu 1,77 yang berarti bahwa proses pembelajaran terlaksana seluruhnya, (3) efektif ditinjau dari (a) kemapuan guru mengelolah diperoleh 4,80 (sangat baik) yang berada pada kategori baik/tinggi, (b) aktivitas peserta didik dalam kategori sangat aktif, (c) respon peserta didik yaitu 96,12% berarti peserta didik memberi respon positif terhadap buku peserta didik , LKPD, dan hasil belajar peserta dengan rata-rata skor posttes lebih besar dari rata-rata skor pretes. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik 85% dengan nilai rata-rata 81,70 atau tinggi. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi reaksi oksidasi reduksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:14
Last Modified: 03 Apr 2018 00:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6582

Actions (login required)

View Item View Item