Pengaruh Media Pembelajaran Setting Kooperatif Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabupaten Soppeng

SYAMRIANI., SYAMRIANI (2015) Pengaruh Media Pembelajaran Setting Kooperatif Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan media pembelajaran dan model kooperatif yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan media yang tepat dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran setting kooperatif mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marioriawa yang terdiri dari 8 kelas dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Donri-Donri yang terdiri dari 7 kelas di Kabupaten Soppeng tahun ajaran 2014/2015. Masing-masing sekolah dengan peringkat akreditasi “A”. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah satu Kelas VII SMP Negeri 3 Marioriawa dan satu kelas VII SMP Negeri 1 Donri-Donri dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas adalah 30 orang. Ada tiga macam variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas adalah media pembelajaran, (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa, dan (3) variabel kontrol adalah motivasi belajar yang terdiri dari motivasi tinggi dan motivasi rendah. Media pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah media PowerPoint dan media konvensional. Model kooperatif yang digunakan adalah kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis Two-Way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk motivasi tinggi dan rendah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Kabupaten Soppeng yang dipengaruhi oleh media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:42
Last Modified: 02 Apr 2018 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item