Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa

TRISNAWATI, MARDIAN (2018) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (30kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar matematika siswa dan mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowatahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dan pengambilan sampel untuk penentuan kelas menggunakan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data (1) motivasi melalui angket/ kuesioner, dan (2) aktivitas melalui lembar observasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dan siswa dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) mengalami peningkatan (2) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari pretest motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah sedangkan pada posttest motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi dan ada pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:46
Last Modified: 29 Mar 2018 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item