Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare

Jusman, Mario Jaya M (2018) Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1311041016_MARIO JAYA M JUSMAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ex-post facto ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. Pengambilan sampel sebanyak 261 siswa dipilih secara proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran formal dan prestasi belajar matematika, serta angket motivasi berprestasi dan kesadaran metakognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, kesadaran metakognitif, dan prestasi belajar matematika siswa secara berturut-turut berada pada kategori transisi, sedang, tinggi, dan sangat rendah, (2) kemampuan penalaran formal dan motivasi berprestasi berpengaruh simultan terhadap kesadaran metakognitif dan prestasi belajar matematika, (3) motivasi berprestasi secara langsung berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif, (4) kemampuan penalaran formal secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, namun secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, (5) motivasi berprestasi tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, namun secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, dan (6) kesadaran metakognitif secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:44
Last Modified: 29 Mar 2018 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6413

Actions (login required)

View Item View Item