Pengembangan Alat Pembelajaran Aquaponik Terintegrasi Peternakan untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan SMA/MA Kelas XII

Qadafi, Muchammad Akbar (2017) Pengembangan Alat Pembelajaran Aquaponik Terintegrasi Peternakan untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan SMA/MA Kelas XII. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (395kB)

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan (Research and Development) alat pembelajaran aquaponik terintegrasi peternakan untuk implementasi kurikulum 2013 pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan kompetensi dasar 3.1.bertujuan untuk mengetahui nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan alat pembelajaran aquaponik terintegrasi peternakan yang dikembangkan serta untuk mengetahui kevalidan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Luther. Model ini terdiri dari 6 tahap kegiatan, yaitu: 1) konsep, 2) perancangan, 3) pengumpulan bahan, 4) perakitan, 5) uji coba, dan 6) distribusi. Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu: a) Instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevalidan pengembangan instalasi aquaponik terintegrasi peternakan dan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek, b) Instrumen kepraktisan berupa instrumen penilaian kepraktisan pengembangan instalasi aquaponik terintegrasi peternakan, dan c) Instrumen penilaian keefektifan pengembangan instalasi aquaponik terintegrasi peternakan. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata nilai kevalidan alat pembelajaran aquaponik adalah 4.8 (kategori valid) dan rata-rata nilai kevalidan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek yang diperoleh adalah 4,7 (kategori valid). Kepraktisan alat pembelajaran aquaponik adalah 4.7 (kategori tinggi). Selain itu, alat pembelajaran aquaponik terintegrasi peternakan dinilai efektif karena dapat digunakan sebagai media pertumbuhan tanaman, ikan lele dan ternak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat pembelajaran aquaponik terintegrasi peternakan bersifat valid, praktis dan efektif dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 06:51
Last Modified: 29 Mar 2018 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item