Menganalisis Tindak Tutur Dosen dan Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar

Sulviana, Sulviana (2015) Menganalisis Tindak Tutur Dosen dan Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Sulviana.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis dari tindak tutur yang sering muncul dalam diskusi kelas, fungsi dari tindak tutur yang digunakan dalam diskusi kelas, dan mengidentifikasi implikasi dari tindak tutur dalam diskusi kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe yang yang diguankan adalah analisa wacana. Pengumpulan data dari penelitian ini dilaksanakan melalui (1) rekaman video, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menganalisis jenis dari tindak tutur, fungsi dari tindak tutur, dan implikasi dari tindak tutur dalam diskusi kelas. Peneliti menemukan penggunaan tiga jenis tindak tutur yaitu lokutionari, illokutionari, dan perlokutionari. Jenis tindak tutur yang paling sering digunakan adalah ilokutionari. Peneliti menemukan lima fungsi tindak tutur yang digunakan dalam diskusi kelas yaitu representative, directive, commissive, expressive, dan declarative. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar menggunakan semua fungsi tindak tutur dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu ada beberapa implikasi yang muncul yaitu mahasiswa dapat memahami materi yang diujarkan oleh guru dalam tindak tuturnya. Dosen dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan topik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menggunakan tindak tutur yang sesuai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 01:17
Last Modified: 29 Mar 2018 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6280

Actions (login required)

View Item View Item