Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Fisika Melalui Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Peserta Didik Kelas X TKJ5 SMK Negeri 1 Bantaeng

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2016) Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Fisika Melalui Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Peserta Didik Kelas X TKJ5 SMK Negeri 1 Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab I.docx

Download (38kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dalam pembelajaran fisika melalui model penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas X TKJ5 SMK Negeri 1 Bantaeng tahun ajaran 2015/2016. Adapun peningkatan keterampilan memecahkan masalah ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase di setiap aspek keterampilan memecahkan masalah seperti (a) mengindentifikasi masalah dari 62,50 menjadi 75,86 (b) merumuskan masalah dari 55,59 menjadi 72,41 (c) merancang strategi dari 65,48 menjadi 65,52 (d) menerapkan strategi dari 62,50 menjadi 79,31 dan (e) mengevaluasi strategi dari 46,43 menjadi 67,24. Peningkatan rata-rata hasil tes keterampilan memecahkan masalah peserta didik meningkat pada kategori baik dengan hasil uji gain pada siklus II terdapat 12 orang meningkat di skala rendah, 14 orang meningkat di skala sedang dan 2 orang meningkat di skala tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 01:08
Last Modified: 29 Mar 2018 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item View Item