Sutriadi, Asrini (2016) Kecerdasan Jamak Dalam Aktivitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA 8 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
CHAPTER 1.docx Download (31kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menemukan jenis-jenis kecerdasan jamak yang muncul melalui aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris dan (2) untuk mengetahui bagaimana jenis-jenis kecerdasan jamak tersebut dicerminkan melalui aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini melalui (1) rekaman video, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menganalisis jenis-jenis kecerdasan jamak dan jenis-jenis kecerdasan jamak tersebut dicerminkan melalui 4 aktivitas pembelajaran di kelas Bahasa Inggris. Hasil penelitian menemukan 9 jenis kecerdasan jamak yang muncul melalui aktivitas-aktivitas di kelas Bahasa Inggris, yaitu: (1) kecerdasan logis-matematis, (2) kecerdasan naturalistik, (3) kecerdasan visual-spasial, (4) kecerdasan intrapersonal, (5) kecerdasan musikal-berirama, (6) kecerdasan jasmaniah-kinestetik, (7) kecerdasan linguistik-verbal, (8) kecerdasan existential, (9) kecerdasan interpersonal, dan (10) kecerdasan spiritual. Peneliti juga menemukan bahwa jenis-jenis kecerdasan jamak tersebut dicerminkan melalui 4 aktivitas di kelas Bahasa Inggris yaitu: melalui (1) aktifitas menulis, (2) melaui aktifitas menggambar, (3) melalui aktiftas berbicara, dan (4) melalui aktiftas berbicara. Oleh karena itu, hasil analisis data ini menunjukkan bahwa semua jenis kecerdasan jamak muncul melalui aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris dan jenis kecerdasan jamak itu muncul melalui 4 aktivitas. Guru telah menciptakan kelas Bahasa Inggris dengan menggunakan kecerdasan jamak dengan cara yang serupa dengan aktivitas keseharian siswa dimana semua siswa tersebut bisa menggapai kesuksesan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 07:13 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6235 |
Actions (login required)
View Item |