Perilaku Disruptif siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris

Sufahmiati, Sri (2015) Perilaku Disruptif siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukanjenis-jenis perilaku disruptif siswa dalam belajar bahasa Inggris, penyebab perilaku disruptif siswa dan respon guru dan siswa terhadap perilaku disruptif. Untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai fenomena tersebut, peneliti mengaplikasikan metode deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data difokuskan pada siswa SMK Negeri 2 Somba Opu kelas sepuluh semester dua. Dari duabelas kelas yang tersedia, peneliti memilih satu kelas sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 20 siswa dari jurusan kria logam. Peneliti melakukan pengamatan terhadap proses belajar mengajar dan selanjutnya melakukan wawancara kepada tujuh orang siswa yang terindikasi cenderung berperilakudiruptif di kelas. Proses observasi berlangsung selama tiga kali pertemuan. Peneliti menggunakan perekam video untuk merekam proses belajar mengajar di dalam kelas. Sedangkan pada proses wawancara, peneliti menggunakan perekam suara untuk mengumpulkan data mengenai penyebab perilaku disruptif siswa, respon guru dan siswa terhadap perilaku disruptif. Hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa jenis perilaku disruptif siswa dalam proses belajar mengajar bahasa inggris yaitu terlambat, berbicara, tidak siap menerima pelajaran, menggunakan handphone, tidur, keluar kelas tanpa meminta izin, meneriakkan jawaban tanpa mengacungkan tangan, mencari perhatian dengan memberikan komentar kurang jelas. Adapun penyebab perilaku disruptif siswa dalam belajar bahasa inggris diklasifikasikan dalam empat faktor, yakni faktor pola asuh orang tua, pola mengajar guru, lingkungan dan faktor psikologis siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru dan beberapa siswa ditemukan bahwa selain beberapa jenis perilaku disruptif siswa yang ditemukan dari hasil observasi kelas, ada beberapa perilaku yang di kategorikan sebagai perilaku disruptif yaitu bernyanyi dan tidak menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:07
Last Modified: 28 Mar 2018 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6233

Actions (login required)

View Item View Item