Hubungan Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pinrang

SALEH, NUR INSANI (2017) Hubungan Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Other (thesis)
ARTIKEL FIX SANI.rtf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk (i) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang gaya mengajar guru biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, (ii) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, (iii) Untuk mengetahui sikap belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, (iv) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru biologi dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, (v) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, (vi) Untuk mengetahui hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, (vii) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru biologi, motivasi belajar, dan sikap belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini termasuk penelitian penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 284 siswa SMA Negeri di Kabupaten Pinrang yang diambil dengan cara Proportional Stratified Random Sampling berdasarkan akreditasi sekolah. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru biologi dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian juga memperlihatkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap gaya mengajar guru biologi, motivasi belajar, dan sikap belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Kata Kunci: Persepsi, Motivasi, Sikap, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 06:03
Last Modified: 28 Mar 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item