Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Syamsidar, Syamsidar (2017) Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB 1 fiss.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan Narasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto, yakni: mendeskripsikan kemampuan menulis dari aspek isi karangan narasi, mendeskripsikan kemampuan menulis dari aspek pilihan kata/ diksi serta mendeskripsikan kemampuan menulis dari aspek penggunaan ejaan dan tanda baca, pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 69 siswa. Penelitian ini, ditetapkan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 69 siswa pada kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Jadi sampel yang digunakan adalah sampel total. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 69 siswa yang dijadikan sampel penelitian menunjukkan, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bontoramba Kabupaten Jeneponto dengan nilai rata-rata 3,13 dikategorikan mampu. Dengan rincian nilai rata-ratai analisis data pada aspek Isi 8 siswa (11,60%) yang berkategorikan sangat mampu, kemudian siswa berkategorikan mampu, sebanyak 50 (72,94%) dan 11 siswa (11,94%) dan berkategorikan cukup mampu. Sehingga diperoleh nilai rata-rata 3,24 yang berkategorikan mampu. Kemudian pada aspek pilihan kata bahwa, 3 siswa (4,34%) berkategorikan sangat mampu. 49 siswa (71,02%) dikategorikan mampu. Selanjutnya 17 siswa (24,64%) berkategorikan cukup mampu. Sehingga diperoleh nilai rata-rata 2,99 yang berkategorikan cukup mampu. Pada aspek penggunaan ejaan dan tanda baca, 2 siswa (2,90%) berkategori sangat mampu, kemudian 45 siswa (65,22%) berkategorikan mampu, dan 22 siswa (31,88%) yang berkategorikan cukup mampu, sehingga diperoleh nilai rata-rata 2,93 dan berkategorikan mampu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 01:22
Last Modified: 28 Mar 2018 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6141

Actions (login required)

View Item View Item