Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar)

Taufik, Ikhsan (2017) Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing (Penelitian Eksperimen Tipe Pre-Solution Posing dan Tipe Post Solution Posing Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
CHAPTER I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER V.pdf

Download (103kB) | Preview

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) yang bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, (2) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas XI. IPA 6 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa 39 orang. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah yaitu: (1) nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 84,30 dari skor ideal 100, dan nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 71,41 dari skor ideal 100, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model problem posing tipe pre-solution posing dan tipe post solution posing, dengan hasil prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:35
Last Modified: 27 Mar 2018 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item